Cara Mempartisi Kartu Memori Android Tanpa Menggunakan PC


Cara Mempartisi Kartu Memori Android Tanpa Menggunakan PC - Salah satu bagian terpenting dalam suatu smartphone adalah memori penyimpanan. Tentu saja smartphone masa kini memiliki ruang penyimpanan yang megah guna menampung berbagai file yang dimiliki oleh penggunanya, namun tidak menutup kemungkinan bila ruang penyimpanan di suatu smartphone juga bisa penuh, walaupun itu juga tergantung dari penggunanya sendiri. Tapi tidak jarang yang merasa kekurangan ruang penyimpanan yang berpikir bagaimana caranya memperluas ruang penyimpanan tanpa harus membeli memori eksternal lagi.

Baca Juga :




Bagi anda yang memiliki memori internal HP yang sempit, maka mempartisi memori eksternal adalah salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan unuk memperluas ruang penyimpanan. Karena dengan mempartisi kartu memori, anda bisa menggunakan ruang penyimpanan memori eksternal untuk dijadikan memori internal. Keren kan??




Untuk memapartisi suatu memori eksternal sendiri tidak sulit, karena kita hanya berbekal suatu aplikasi yang fungsinya memecah atau mempartisi memori eksternal agar bisa digunakan atau dialih fungsikan sebagai memori internal. Jika sebagian besar cara ini dilakukan menggunakan PC, maka dikesempatan kali ini kita akan belajar Mempartisi Kartu Memori Android Tanpa Menggunakan PC.

Persiapan

Download aplikasi AParted disini

Langkah - Langkah

1. Download dan install AParted, silahlan download melalui link yang sudah disediakan diatas
2. Sebelumnya, kami sarankan backuo semua file dan data yang ada di memori eksternal anda untuk berjaga - jaga
3. Masuk ke Setting-->Storage-->Unmount SD Card.
4. Selanjutnya, buka aplikasi AParted
5. Nantinya anda akan melihat home screen dari AParted, silahkan tekan tombol hijau sebanyak 3 kali untuk membuat 3 partisi di memori eksternal anda.
6. Nah, setelah ini silahkan atur jenis setiap partisi sesuai dengan ketentuan dibawah :
  • Partsi 1 : FAT32
  • Partisi 2 : Ext2
  • Partisi 3 : Swap

Cara Mempartisi Kartu Memori Android Tanpa Menggunakan PC


7. Silahkan anda atur sendiri berapa besaran yang diinginkan setiap partisi diatas, saran dari kami silahkan atur partisi pertama dengan ukuran 60%, kemudian partisi kedua 35%, dan partisi 3 5%

8. Jika sudah, pilih pada Apply Changes untuk menyimpan perubahan pada partisi.
9 .Seleisai, selamat memori eksternal anda sudah terpartisi.