Objek Wisata Lombok Timur NTB: Pesona Tempat Paling Menawan


Keindahan pulau Lombok atau Lombok Island seakan menghipnotis mata dunia, menjadikannya salah satu destinasi favorit di negeri ini. Letaknya yang berdekatan dengan pulau Dewata Bali dan pulau Komodo membuat pulau Lombok semakin dikenal wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Tak dipungkiri Lombok memiliki pesona alam yang menarik baik pantainya, pegunungannya dan yang lainnya. Bahkan Lombok sangat kental akan nilai-nilai budaya dan spiritual. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik di mata para pelancong.

Dari sekian banyaknya tempat wisata di Lombok, saya akan memberikan beberapa daftar tempat wisata di Lombok Timur NTB. Ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk liburan kamu berikutnya. Ok langsung saja di bawah ini wisata alam Lombok Timur yang menakjubkan.

Daerah Wisata Lombok Timur

1. Pantai Kaliantan Lombok Timur

pantai kaliantan lotim

Wisata pantai kaliantan Lombok menjadi salah satu destinasi yang tak luput dari pantauan wisatawan. Lokasi pantai kaliantan berada di desa Pemongkong, kecamatan Jerowaru ,kabupaten Lombok Timur. Karena masih jarang pengunjung yang datang kesini, membuat pantai ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang menginginkan suasana yang sunyi dengan keindahan alam yang eksotis. Ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin melupakan sejenak hingar bingar kehidupan di kota dan menyegarkan pikiran kamu.

2. Tanjung Bloam Lombok

pantai tanjung bloam lombok timur

Tanjung Bloam adalah objek wisata yang sedikit berbeda dengan pantai lainnya di Lombok. Pantai ini memiliki batuan cadas dan bebatuan berlumut yang menjulang tinggi seperti atap rumah daerah. Pemandangan di Tanjung Bloam Lombok Timur layaknya lukisan 3 dimensi yang begitu cantik. Jangan lupa jika berkunjung kesini untuk berfoto ria mengabadikan nuansa berbeda di pantai Tanjung Bloam Lombok NTB.

3. Gili Sunut Lombok Timur

Objek Wisata Gili Sunut Lombok Timur

Lokasi Gili Sunut berada di Dusun Temeak, Desa Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Rute untuk menuju ke Gili Sunut menempuh waktu kurang lebih 2 jam dari kota Mataram. Di Gili Sunut dihuni sekitar 109 kepala keluarga dengan sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Dengan hamparan pasir putih, air laut yang tenang dan jernih membuat kita bisa melihat susunan karang-karang laut yang indah dari atas permukaan air. Pantai Gili Sunut sangat cocok untuk melakukan berbagai aktivitas wisata untuk kamu bersama keluarga.

4. Pantai Tanjung Ringgit Lombok Timur

Pantai Tanjung Ringgit Lombok Timur

Lokasi tanjung ringgit lombok terletak di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.Tak banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika kamu berlibur kesini. Selain karena kondisinya yang masih alami, akses untuk menuju kesini juga cukup sulit. Namun kamu masih tetap bisa menikmati pesona pantai Tanjung Ringgit Lombok Timur, dengan melihat panorama pantai dan beberapa sisa peninggalan perang dunia II seperti meriam dan goa-goa yang ada disana.

5. Pesona Pantai Surga Lombok Timur

pesona pantai surga lombok timur

Walaupun tidak banyak fasilitas yang ada di Pantai Surga karena kondisi pantai yang masih alami namun kamu akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah sesuai dengan namanya. Pasir putih yang landai dengan diapit oleh tebing membuat tempat ini semakin eksotis. Lokasi pantai surga terletak di Dusun Sungkun, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Kamu tak perlu khawatir dengan akses menuju ke pantai ini, meskipun awalnya akses ke pantai surga cukup sulit namun saat ini pemda Lombok Timur terus membenahi jalan menuju ke pantai ini.

6. Gili Bagek atau Gili Kondo

gili kondo lombok timur

Lokasi Gili Kondo terletak di Perairan Kecamatan Sambelia dan bisa ditempuh melalui pantai transat di Kecamatan Sambelia dengan waktu sekitar 25 menit. Gili ini tidak berpenghuni sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan dengan panorama pasir putih dan keindahan alam bawah lautnya. Kamu bisa snorkeling untuk mengintip berbagai biota laut yang sangat indah.

7. Gili Sulat dan Gili Lawang

pesona alam Gili Sulat dan Gili Lawang

Dengan panjang kurang lebih 5,2 km, tak pelak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di gili sulat, mulai dari snorkeling, camping, hingga berjalan di tengah-tengah hutan mangrove. Lokasi gili sulat berada di wilayah Kabupaten Lombok Timur dan tepat di sebelah baratnya terdapat gili lawang. Kedua gili ini menjadi destinasi baru untuk wisatawan karena keindahan alamnya yang masih alami.

8. Pantai Pink Lombok Timur  

pantai pink lombok timur

Jika kamu datang ke pantai ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda dengan pantai lainnya. Pada umumnya pasir pantai memiliki warna putih dan hitam namun berbeda dengan pantai ini, sesuai dengan namanya pantai ini memiliki pasir bewarna pink. Sesungguhnya bukan semua pasirnya berwarna pink, namun percampuran putih dan merah. Warna merah ini dihasilkan dari koral, pecahan kerang, dan kalsium karbonat yang berasal dari hewan laut di pantai ini. Selain itu, warna merah yang dihasilkan bisa juga dari makhluk mikroskopik bernama foraminifera yang mempunyai cangkang badan kemerahan. Meskipun pantai pink tidak hanya ada di Lombok namun nuansa yang dihasilkan tentulah berbeda. Pantai ini juga mempunyai nilai sejarah dimana pantai ini dulunya merupakan tempat persembunyian tentara jepang pada perang dunia II. Jadi begitu banyak potensi wisata yang ada di pantai ini. Tentulah kamu tidak akan bosan jika berkunjung ke pantai ini. Pantai ini terletak di desa sekaroh, kecamatan jerowaru Lombok Timur.

Sebenarnya masih banyak wisata alam lainnya yang ada di Lombok Timur ini. Namun kali ini saya hanya mengulas tentang wisata pantainya saja. Mungkin di lain kesempatan saya akan memberikan kamu objek wisata lainnya yang ada di Lombok Timur seperti Tanjung Perak dan Tanjung Cina, Lembah Hijau, Sembalun (Pemandangan Eksotis dari Sembalun), Air Temer, Tete Batu, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan.

Semoga artikel ini bisa dijadikan referensi untuk kamu yang memiliki rencana liburan. Selamat berlibur!