Cara Membuat Isian Takoyaki dengan Mudah


Kuliner asal Jepang memang banyak yang terbuat dari Ikan. Itu karena memang disana, warganya diharuskan untuk banyak mengkonsumsi ikan. Salah satu makanan yang cukup populer adalah takoyaki yang bahkan tidak hanya terkenal di Jepang saja melainkan dikenal banyak orang di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Banyak yang berbondong-bondong membuka usaha makanan Jepang Takoyaki, serta banyak juga yang belajar cara membuat takoyaki mudah.

Mereka yang belajar tidak terbatas pada kalangan tertentu saja melainkan mencakup banyak kalangan yang memang tertarik untuk mencobanya. Mengapa mereka mau mencoba? Itu karena memang prosedur dan bahan yang digunakan terbilang gampang untuk dipraktekan dan didapatkan.

Ada beberapa tahap yang harus dilewati saat kita akan mempraktekan cara membuat takoyaki jepang. Beberapa tahap itu mencakup cara membuat adonan utama, membuat isian dan juga membuat saus pelengkap. Nah, kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang proses pembuatan isian dari takoyaki tersebut. Isian ini menjadi bagian yang sangat penting sebagai salah satu ciri khas dari makanan berbentuk bulat tersebut. Adapun prosesnya, anda bisa pelajari penjelasan berikut ini.

Ketahui Resep Bahan Isian

Anda bisa memulainya dari mencari tahu dari beragam resep terpercaya mengenai bahan isian yang biasa digunakan dalam membuat takoyaki. Dalam mencari informasi bahan, anda bisa membandingkan resep asli dengan resep lokal yang terkadang memiliki perbedaan. Mengapa berbeda? Itu karena memang dalam resep lokal, ada beberapa bahan yang diganti dengan bahan lokal karena sulit mendapatkan bahan asli dari Jepang. Akan tetapi untuk isian sepertinya bahan-bahan yang dibutuhkan juga tersedia banyak di Indonesia.

Persiapkan Bahan Ikan

Setelah anda tahu bahan apa saja yang dibutuhkan, kemudian anda bisa langsung searching bahan-bahan tersebut apakah mudah didapatkan atau tidak. Jika memang ada banyak yang menjual bahan-bahan asli yang dibutuhkan, anda bisa menggunakan bahan itu. Akan tetapi jika anda rasa sulit atau mungkin mahal untuk bisa mendapatkannya, maka salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya dengan bahan loka. Jika biasanya bahan gurita adalah yang digunakand di Jepang, maka anda bisa menggunakan bahan yang sama atau menggantinya dengan ikan lain seperti cumi-cumi dan tuna.

Tambahkan Sayur, Lalu Olah

Selain ikan, ada bahan lain yag juga perlu ditambahkan dalam isian takoyaki itu. Bahan lain itu biasanya berbentuk sayur dan ada banyak jenisnya yang bisa digunakan. Akan tetapi memang pada umumnya, bahan sayur yang paling banyak digunakan adalah wortel dan kol. Bahan itu bisa di potong-potong kecil. Selain sayur, ikan juga perlu di potong-potong sehingga nantinya bisa dicampur dengan sayur dan dimasak untuk kemudian dimasukan kedalam isian adonan takoyaki yang sudah dibulatkan.

Proses pembuatan isian dari takoyaki memang bisa dibuat dengan mudah mengingat bahannya juga tersedia banyak di sekitar kita. Dengan membuat isian tersebut sendiri, maka kita bisa memastikan kualitas dari isian itu, apalagi jika kita sebelumnya pernah mempelajari cara membuat takoyaki halal.