Cara Membuat Email Gmail Terbaru di Hp Android dan Laptop


Bicara tentang email, sebagian besar dari kita pasti tahu dengan fitur yang satu ini. Email telah menjadi media mengirim pesan, data, media pada era modern ini. Namun tentulah masih ada juga sebagian orang yang belum tahu bagaiman cara membuat email. Tenang saja saya akan memberitahukan anda bagaimana cara daftar email.

Meskipun telah banyak yang menggunakan email baik untuk keperluan kerja atau hanya sekedar berkomunikasi dengan orang-orang terdekat kita, masih ada yang belum tahu awal mula adanya email. Baiklah sebelum saya memberitahukan anda cara membuat email saya akan menjelaskan secara singkat mengenai emal untuk menambah wawasan anda mengenai email.

E-mail atau electronic mail jika dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan "surel" (surat elektronik), merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang terbanyak dipakai. Hal ini dikarenakan e-mail adalah alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail kita bisa mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah pula. Dimana E-mail yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat sesudah e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk mengakses internet ketika kita mengirimkan e-mail tersebut. Bagi para user internet, e-mail menjadi hal yang begitu penting dalam berbagai urusan dan untuk mencapai segala kemudahan. Saat ini fasilitas emai yang umumnya dipakai banyak orang yaitu yahoo mail dan gmail. Apakah anda tahu kapan email pertama kali digunakan? Email sudah mulai digunakan pada sekitar tahun 1960-an

Setelah kita mengatahui secara singkat tentang email, saya akan memberi tahukan anda mengenai cara membuat emai terbaru. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Daftar Email di Hp Android

1. Silahkan anda menuju ke menu Setting atau Pengaturan pada Hp anda, kemudian pilih + Add account.


2. Selanjutnya anda pilih Google.


3. Selanjutnya anda pilih New.


4. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, isilah nama depan dan nama belakang anda. Kemudian klik >


5. Selanjutnya anda akan diminta mengisi nama untuk alamat emai anda, bila gagal maka akan muncul saran alamat email yang disediakan. Pilihlah salah satu nama alamat email yang disarankan, selanjutnya klik >


6. Maka berikutnya akan muncul tampilan untuk anda membuat password, buatlah yang rumit namun mudah diingat oleh anda, kemudian ketik ulang passwor yang anda buat sebelumnya di bawahnya. Bila sudah klik lagi >


7. Selanjutnya akan muncul tampilan, dimana anda akan diminta untuk memilih salah satu pertanyaan yang mudah anda ingat. Lalu klik >


8. Kemudian muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, langsung saja anda klik >


9. Bila tahapan di atas sudah selesai, mohon untuk anda menunggu sebentar karena proses loading menyimpan data-data akun google anda. 

10. Selanjutnya akan muncul Captcha, lalu anda ketik huruf atau angka yang muncul pada gambar. Pada tampilan "Set Up Payment Info" pilih "No, Thanks" dan pada Account Sign in Succesful klik >

Selamat anda telah berhasi membuat akun email gmail lewat Hp. Selanjutnya tips yang saya akan share kepada anda yaitu cara membuat email di Laptop.

Cara Membuat Email Lewat Laptop

1. Langkah pertama, silahkan anda klik link https://mail.google.com. Lalu akan muncul tampilan kolom pengisian data diri seperti gambar di bawah ini.


Keterangan:

Nama: Isilah kolom nama yang telah disediakan, dimana terdapat 2 kolom yaitu nama depan dan nama belakang. Misalnya anda isi pada kolom pertama Pusahma pada kolom kedua Seo.

Pilih nama pengguna Anda: Isilah alamat emai sesuai dengan keinginan anda, anda bisa mengkombinasikannya dengan huruf dan angka agar tampak unik misalnya pusahmaseo99.
  • Dimana secara otomatis alamat email anda akan di akhiri @gmail.com, jadi anda tidak perlu lagi menulis @gmail.com pada kolom tersebut.
  • Penulisan menggunakan huruf besar atau huruf kecil tidak memiliki pengaruh karena nanti akan menjadi huruf kecil. Misal anda menulis PusahmaSeo99 maka nanti akan menjadi pusahmaseo99.
  • Alamat email yang anda buat tidak mesti harus sama dengan nama anda. Misalkan nama anda Pusahma, anda bisa menggunakan nama email anda dengan barubelajar atau yang lainnya asalkan nama email yang anda gunakan tidak sama dengan nama email orang lain.
  • Bila saat anda membuat nama email muncul notifikasi seperti ini "Nama pengguna tersebut sudah digunakan orang lain. Coba yang lain?" Maka di bawah notifikasi ini akan muncul "Tersedia" Anda bisa memilih nama alamat email yang disediakan tersebut. Contoh "Tersedia: pusahmaseo seopusahma pusahmas"

Buat Sandi, buatlah kata sandi atau password yang anda inginkan minimal 8 karakter. Saya sarankan untuk menggunkan kombinasi angka dan huruf agar tidak mudah di tebak oleh orang lain namun mudah untuk anda menghafalnya.
  • Jangan pernah anda menggunakan tanggal lahir, nomor hp, atau nama yang besangkut-paut dengan anda agar sulit diketahui oleh orang lain.
  • Ingat! huruf besar dan huruf kecil sangat berpengaruh terhadap password jadi pastikan anda mengetahuinya dan pastikan CAPS LOCK dalam keadaan off.

Konfirmasi sandi Anda, Isi kembali password atau kata sandi yang anda buat tadi.

Tanggal lahir, silahkan anda memasukkan tanggal lahir anda pada kolom yang disediakan.

Gender, silahkan pilih dan klik jenis kelamin anda

Ponsel, anda bisa mengisi nomor ponsel anda atau tidak mengisinya juga boleh.
Alamat email Anda saat ini, silahkan masukkan alamat emai anda yang lain atau anda bisa mengosongkannya.

Buktikan bahwa Anda bukan robot, isilah kolom pada "Ketik teks:" dengan kode pada gambar di atasnya.
  • Kotak kecil pada Lewati verifikasi ini (mungkin dibutuhkan verifikasi telepon) tidak usah dicentang.
  • Bila terdiri dari 2 kata silahkan pisahkan dengan spasi contohnya pada gambar di bawah ini.


Lokasi, Pilih negara tempat tinggal anda contohnya Indonesia

Beri centang kotak kecil pada " Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google" seperti gambar di bawah ini.

Kemudian anda klik pada "Langkah berikutnya" yang ada di pojok kanan bawah seperti yang anda lihat pada gambar di atas. 

2. Selanjutnya biasanya anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun seperti pada gambar di bawah ini.


  • Masukkan nomor telepon anda, lalu anda bisa memilih "Pesan Teks (SMS)" atau "Panggilan Suara". Bila anda memilih pesan teks maka akan ada sms
  • Kemudian pilih dan klik "Lanjutkan"
  • Maka akan akan ada sms yang berisikan kode dengan 6 angka. Silahkan anda masukkan pada kolom Kode verifikasi seperti gambar di bawah ini.




Selanjutnya silahkan anda klik tombol Verifikasi, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Itu berarti anda telah berhasil membuat email gmail lewat laptop, selanjutnya anda klik Lanjutkan ke Gmail seperti yang ditunjuk arah panah di atas. Jika sudah anda tinggal mengikuti perintah berikutnya.

Cukup mudah kan cara membuat email lewat laptop? Semoga tutorial di atas bisa membantu anda. Terima kasih.