CARA MENGIRIM EMAIL lewat GMAIL


Apakah Anda sudah memiliki akun email dari gmail? jika belum silahkan membuat akun terlebih dahulu. Saya juga memiliki tutorial cara membuat email baru dari gmail pda postingan artikel sebelumnya. Jika Anda sudah memiliki akun gmail, bisa langsung melanjutkan membaca tutorial cara mengirim email gmail. Saya menganggap, bahwa yang membaca tutorial ini sudah memiliki akun email dari gmail.

Mengirim sebuah pesan email ataupun mengirim softcopy dokumen melalui gmail tidaklah terlalu sulit. Apalagi jika Anda sudah terbiasa mengirim email ataupun pesan melalui sosial media seperti facebook mesenger ataupun sejenisnya. Perbedaannya hanya pada akunnya saja, dimana Anda harus memiliki akun gmail dan login terlebih dahulu ke mail.google.com.

Cara Kirim Email

Setelah Anda login silakan lihat pojok kiri atas, klik "TULIS" maka akan menampilkan form untuk menulis email baru. Sekarang silakan menulis email baru dengan menentukan siapa yang akan menerima pesan email Anda. Tujuan email "Kepada" harus diisi dengan alamat email valid dan aktif. Jika tidak valid dan tidak aktif secara otomatis email tidak akan terkirim.

Kalaupun Terkirim akan Anda pemberitahuan dari gmail bahwa email yang Anda kirim gagal karena alamat email penerima tidak benar atau tidak aktif. Setelah penerima email diisi dengan benar, silakan isi "Subjek" dengan catatan ringan dan singkat yang menggambarkan isi dari pesan email yang akan Anda kirim. Selanjutnya, silakan isi kolom yang lebar menggunakan isi email yang ingin Anda sampaikan

Jika Anda ingin melampirkan dokumen atau foto, bisa klik simpol klip "Lampirkan File". Anda juga bisa memformat bentuk tulisan pada simbol A bergaris bawah "Opsi pemformatan". Selain itu, bisa sisipkan file menggunakan drive, sisipkan foto dan sisipkan emotikon. Untuk pengaturan lainnya bisa Anda pelajari sendiri dengan menyorot setiap simbol yang berada di bagian bawah form.

Apabila sudah mengatur semua yang Anda perlukan dan mengisikan penerima, subyek dan lampiran atau lainnya. Silakan bisa klik pada bagian "KIRIM". Sebagai contoh lihat foto dibawah ini :


Foto diatas adalah contoh mengisi form kirim pesan email. Keterangannya sebagai berikut :
  1. Judul pada kolom gelap adalah judul sesuai subyek secara otomatis muncul setelah subyek diisi.
  2. Penerima : rodinsaputra88@gmail.com
  3. Subyek : contoh menulis email
  4. Isi email : contoh menulis email dilengkapi emotikon jempol. Untuk isi email sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  5. Dalam email tersebut dilengkapi lampiran foto dalam format .jpg
  6. Jika sudah selesai silakan klik "KIRIM" atau (Ctrl-Enter)
  7. Akan mendapatkan pemberitahuan "Pesan Anda Telah Terkirim. Lihat Pesan"
  8. Lihat di kotak pesan terkirim, kalau sampai pada langkah ini, berarti pesan Anda memang sudah benar-benar terkirim sampai ke penerima.