Saatnya Total Action Jika Galau


Rasa galau adalah hal yang biasa menimpa manusia karena demikianlah ia dicipta, mudah untuk berkeluh kesah, mudah berputus asa dan mudah untuk tidak bersyukur terhadap nikmat yang telah ia peroleh dari Sang Maha Pencipta Jagat Raya.

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam kesusahan.” (QS. Al Balad: 4)
“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.” (QS. Al-Ma’arij: 19)

Saatnya Total Action

Rasa galau jika dirinci ada yang baik dan ada pula yang tercela, Dikatakan galau yang baik, ketika sebabnya adalah risau terhadap maksiat yang telah ia perbuat dan risau atas kebaikan yang belum juga ia kerjakan.

Jika ia galau karena maksiat yang terlanjur ia laksanakan, maka segeralah untuk beristigfar meminta ampun karena rahmat Allah begitu luas memenuhi langit dan bumi.
Saatnya Total Action
Jika sebab galaunya adalah karena luputnya ia dari jalan jalan menuju kebaikan maka bersegeralah melaksanakannya mumpung jiwa masih dikandung badan. Tapi bukan sekedar  di kala sempat tapi harus di sempat sempatkan untuk mengerjakan kebaikan yang beragam pilihannya.

Saatnya Total Action

Disebutkan di awal bahwa rasa galau biasa menimpa seorang insan dikarenakan ia memiliki sifat kufur akan nikmat atau tidak bersyukur akan apa yang telah Allah tentukan untuknya.

Ada banyak jenis untuk masalah kufur nikmat ini, dan salah satu bentuknya adalah tidak memanfaatkan kelebihan yang telah Allah berikan kepadanya, berupa panca indera, akal dan hati yang bisa digunakan untuk mencerna memahami dan kemudian menentukan pilihan,, antara jalan kebaikan kah yang akan ia tempuh atau jurang kesengsaraan kah yang akan ia tuju.

Saatnya Total Action

Untuk sembuh dari rasa galau maka ingatlah perjuangan orang orang yang telah sukses dalam hal dunia maupun akhiratnya, apakah mereka selalu bahagia dalam usahanya mencapai tujuan?,  jawabannya tentu: Tidak;

Akan banyak sekali aral melintan ujian dan cobaan, gundah dan kalutnya hati hingga seakan akan ia merasa sudah tidak mampu lagi.

Hendaknya, kita tidak terpuruk dalam kegalauan, tapi segera sudahi segera mulai dengan langkah baru dan tujuan yang lebih jernih dan mulia dan inilah saatnya total action tanpa menunda nunda.

Semoga kita  bisa sukses dunia akhirat,,,,salam berbagi