Daftar Email Yahoo | Cara Membuat Email di Yahoo


Cara Membuat Email Yahoo -E-mail merupakan alat bantu dalam surat menyurat yang telah berkembang sekali di zaman sekarang ini. e-mail atau yang artinya electronic mail sangat berguna untuk mengirim surat ke seluruh dunia dalam hitungan detik.

Dibandingkan dengan surat biasa, e-mail mempunyai keunggulan yang lebih aman serta tidak membedakan jarak dan waktu. Secara garis besar, E-mail dapat dibedakan menjadi dua, yaitu  
  1. e-mail berbasis SMTP/POP dan 
  2. e-mail berbasis web

Yang pertama e-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. 
Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server.

Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.
sebagai gambaran ini ilustrasinya : 


yang kedua adalah e-mail berbasis web. e-mail ini berbeda dengan POP. ada E-mail berbasis Web, pengguna tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Disini saya akan menjelaskan tahap-tahap untuk membuat e-mail. disini saya akan mengambil sample dari website yahoo untuk membuat e-mail.

CARA DAFTAR EMAIL YAHOO

Pertama pastikan anda terhubung dengan koneksi internet agar bisa mengakses ke website yahoo. kemudian ketik alamat website di tab atas. untuk yahoo, alamat websitenya adalah https://id.yahoo.com (untuk yang berwilayah di Indonesia).


di atas ada gambar home dari situs website yahoo. anda hanya perlu mengklik daftar seperti yang di tunjuk di gambar tersebut. kemudian anda akan diberi kolom-kolom kosong untuk diisi sesuai data yang anda miliki. seperti ini contohnya.


jadi dari contoh di atas, anda tinggal mengisi nama anda, kemudian ada kolom alamat e-mail yang anda inginkan. apabila alamat masih belum terpakai maka anda bisa menggunakan alamat e-mail tersebut. tapi kalo alamat tersebut telah terdaftar maka anda akan disuruh mengisi ulang dengan alamat yang lainnya. setelah itu isi kolom password yang anda inginkan. di password tersebut harus terdiri dari 8 huruf, huruf besar dan huruf kecil, dan angka.


Setelah itu isi nomor hp yang anda miliki. usahakan nomor asli anda, karena yahoo akan mengirimkan konfirmasi e-mail baru anda ke nomor telepon anda. setelah itu isi tanggal lahir, jenis kelamin dan nomor telepon alternatif yang anda miliki. setelah selesai mengisi anda tinggal mengklik tombol buat account. selamat anda baru saja selesai dalam pembuatan e-mail. anda tinggal klik di opsi login, kemudian masukan alamat e-mail yang anda buat tadi beserta passwordnya.

Jika masih bingung tentang cara daftar email yahoo, bisa kamu baca disini http://www.caraseobali.com/2013/07/daftar-email-yahoo-cara-buat-email.html