Mengapa Nabi Isa dan Dajjal disebut Al-Masih?


Mungkin terasa aneh, dua orang yang sangat berkebalikan-belakang tapi digelari dengan gelar yang sama, sebagai Al-Masih.  Mengapa demikian?, apa maksud atau arti gelar tersebut? semoga tulisan ini dapat menjawabnya dengan melihat bagaimana penjelasan para ulama terkait hal tersebut. Adapun

Nabi Isa 'alaihis salam, gelar al-Masih atas beliau termaktub di sembilan ayat dalam alqur'an 

sebagaimana berikut:

إِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ يُبَشِّرُكِ بِكَلِمَةٍ مِنْهُ اسْمُهُ الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ وَجِيهًا فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِينَ
"(Ingat!ah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) dari-Nya, namanya al-Masih `Isa putera Maryam."QS. Al-Imron: 45


وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ

"dan karena Ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah, Padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka"  QS. An-Nisa: 157


إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُاللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ

"Hanyalah al-Masih, Isa putera Maryam itu, sebagai utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam dan (dengan tiupan) roh dari-Nya."QS.An-Nisa: 171

لَنْ يَسْتَنْكِفَ الْمَسِيحُ أَنْ يَكُونَ عَبْدًا لِلَّهِ 

"Al masih sekali-kali tidak enggan menjadi hamba bagi Allah"QS.An-Nisa: 172

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al masih putera Maryam"QS.Al-Maidah: 17


لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۖ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al masih putera Maryam", Padahal Al masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu"QS.Al-Maidah: 72

nabi isa dan dajjal di gelari di juluki disebut al masih


مَا الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ وَأُمُّهُ صِدِّيقَةٌ

Al masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang Sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar"QS.Al-Maidah: 75

وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ

"Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al masih itu putera Allah"QS.At-Taubah: 30

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَٰهًا وَاحِدًا ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ 

"Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al masih putera Maryam, Padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan."QS.At-Taubah: 31

Sedangkan gelar atau julukan Al-Masih untuk Dajjal tidak terdapat dalam al-qur'an karena semua gelar tersebut ditujukan kepada Nabi Isa 'alaihis salam, yang ada adalah dari hadis Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam. Diantaranya  beliau bersabda:


"Sesungguhnya –demi Allah-, aku tidak kumpulkan kalian untuk sesuatu yang menggembirakan atau menakutkan kalian. Namun aku kumpulkan kalian karena Tamim Ad-Dari. Dahulu ia seorang Nasrani lalu datang kemudian berbai’at dan masuk Islam serta mengabariku sebuah kisah, sesuai dengan apa yang aku ceritakan kepada kalian tentang Al-Masih Ad-Dajjal...... Dajjal mengatakan: ‘Sesungguhnya baik bagi mereka untuk taat kepadanya (Rasulullah). Dan aku akan beritakan kepada kalian tentang aku, sesungguhnya aku adalah Al-Masih (HR. Muslim, Kitabul Fitan wa Asyrathis Sa’ah, Bab Qishshatul Jassasah)

dalam riwayat yang lain beliau Shallalahu 'Alaihi Wasallam pernah berdiri berkhutbah seraya bersabda: 
"Amma Ba'du, mengenai perkara laki-laki ini, dimana kalian banyak yang condong kepadanya, sungguh ia sangat pendusta dari tiga puluh pendusta lainnya yang akan keluar di permulaan hari kiamat. Dan tidaklah sejengkal bumi pun pasti terinjak oleh kaki Al Masih Dajjal, kecuali Madinah, sebab di semua tepiannya dijaga oleh para malaikat yang menjaganya dari ancaman Al Masih." (HR. Ahmad no. 19532)

Dan juga:
"Dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku melihat di sisi Ka'bah seorang laki-laki sawo matang, rambut terurai dalam keadaan meletakkan kedua tangannya pada dua orang laki-laki. Kepalanya mengucurkan atau meneteskan air, maka aku bertanya, 'Siapakah orang ini? ' Mereka menjawab, 'Isa putra Maryam atau al-Masih bin Maryam -Kami tidak mengetahui yang mana perkataan beliau itu-." Beliau bersabda lagi: 'Dan aku melihat di belakangnya seorang laki-laki berkulit merah, berambut keriting, buta sebelah kanan mirip orang yang pernah aku lihat, Ibnu Qathan. Lalu aku bertanya, 'Siapakah ini? ' Mereka menjawab, 'Al-Masih ad-Dajjal'." HR. Muslim no. 248

Demikian pula ketika berdoa di akhir tasyahud Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ، وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari adzab neraka, adzab kubur, fitnah hidup dan mati, dan dari kejahatan al-Masih Dajjal.” (HR. Nasa’i, Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan yang lainnya).


PENDAPAT PARA ULAMA TENTANG AKAR KATA AL-MASIH:

PertamaAl-Masih berasal dari bahasa Ibrani, Kemudian diserap ke dalam bahasa Arab, dan lafadznya ikut berubah dari huruf  مَشِيح)   ش)  Masyih menjadi huruf   مَسِيح)  س) Masih. Sehingga berdasarkan pendapat ini, kata al-Masih tidak ada akar katanya dalam bahasa Arab. 
Sedangkan mayoritas ulama (jumhur) berpendapat, bahwa kata al-Masih itu adalah musytaq (memiliki akar kata). 
Kedua: Al-Masih berasal dari kata ol-Mosih yang berarti ash-­Shiddiq (yang membenarkan). 
Ketiga: al-Masih berasal dari akar kata ساَح saaha (berpindah)
Keempat: al-Masih berasal dari akar kata مَسَح (mengusap)
Dari akar kata yang terakhir ini مَسَح (masaha), kita bisa mengambil kesimpulan makna dari turunannya.


Pendapat para ulama tentang alasan julukan nabi isa sebagai almasih

PENDAPAT PARA ULAMA TENTANG ALASAN NABI ISA DISEBUT SEBAGAI AL-MASIH:

Pertama: karena nabi Isa mengusap permukaan bumi (berkelana) dan sering berpindah -pindah dan tidak memiliki kecintaan terhadap dunia

 أنه يمسح الأرض ويقطعها بكثرة التنقل فيها ولا يتعلق بزخرف الدنيا

Kedua: karena kedua telapak kaki beliau datar

أنه مسيح القدمين

Ketiga: karena Allah telah menghapus dosa beliau

 لِمَسحِ الله الذنوب عنه

Keempat: karena malaikat jibril menyentuh beliau dengan sayapnya ketika lahir untuk menjaga beliau dari sentuhan syaitan

   أن جبريل مسحه بجناحية وقت ولادته ليكون ذلك صونًا له من مس الشيطان وحائلا دونه

Kelima: karena beliau diolesi minyak oleh malaikat ketika dilahirkan sehingga mudah dalam proses kelahirannya dan tidak ada bekas kelahiran

 أنه مسح بالدهن؛ من قبل الملائكة عند الولادة حتى تسهل ولادته، ولا يتأذى من آثار الوضع

Keenam: karena nabi Zakariya 'alaihi salam mengusap beliau dengan minyak setelah lahir

أن زكريا عليه السلام مسحه بالدهن بعد ولادته 

Ketujuh: karena beliau menggunakan minyak suci yang para nabi dahulu menggunakannya

أنه مسح بدهن طاهر من الدهن الذي كان يسمح به الأنبياء 

Kedelapan: karena beliau terlepas dari berbagai macam penyakit

أنه مسيح من الأمراض والآفات

Kesembilan: karena setiap kali beliau mengusap orang yang berpenyakit pasti sembuh dengan izin Allah.

لأنه كان لا يمسح أحدا إلا برأ بإذن الله

Kesepuluh: karena beliau biasa mengusap kepala anak yatim dan seakan-akan belas kasih beliau dan pertolongan terhadap mereka adalah refleksi dari penderitaan tidak adanya bapak bagi beliau, dan orang yang paling bisa merasakan dampak sesuatu adalah orang yang kehilangan.

أنه كان يمسح على رأس اليتامى فكأن تفاعله مع معاناتهم هو انعكاس مما يعانيه من عدم وجود أب له، لأنه يظل بشرًا. وأكثر من يحس بأثر الشيء فاقده


Kesebelas: karena beliau terhapus (terlepas) dari beban dosa dan tidak ada dosa yang beliau ditegur atau dicela dengannya

 أنه مسيح من الأوزار والآثام؛ فليس هناك وزر يعاتب أو يلام عليه. 


Keduabelas: karena beliau terbebas dari tuduhan dan celaan dan tidak boleh seorang pun mencela amalan beliau karena Allah ta'ala telah melepaskan beliau (dari tuduhan tersebut) semenjak dilahirkan

 أنه مسيح من الاتهامات والعيوب؛ فلا يعيب عليه أحد في عمل عمله. وقد برأه الله تعالى من أول يوم، عندما أيده بروح القدس لبرئ أمه مما اتهمت به من قومها

Ketigabelas: karena beliau tidak tersentuh tangan orang yang mengganggu dan tidak pula tertimpa gangguan dari seorang pun


أنه مسيح لم تصله يد تؤذيه، ولم يصبه أذى من أحدا


Keempatbelas: karena beliau terbebas dari gejala-gejala yang biasa ditimpa kebanyakan manusia ketika tua semisal badan, akal, panca indra yang melemah, beliau akan turun (ke bumi)  setelah lama menghilang yang tidak ada menusia yang semisal beliau dengan kesempurnaan kekuatan akal. badan, dan tetap muda

أنه مسيح من العوارض التي تصيب الناس عند الكبر من ضعف الجسد والعقل والحواس؛ فهو ينزل بعد طول غياب لم يكن لبشر مثله، بكامل قوته العقلية والجسدية واحتفاظه بشبابه

Kelimabelas: karena beliau perut dan bokongnya datar, dari bagian depan perut beliau tidak menonjol dan dari belakang bokong beliau tidak menonjol.

 أنه مسيح البطن والألية؛ فلا بروز لبطنه من الأمام، ولا أليته من الخلف 


Keenambelas: karena bentuk diciptakannya beliau diberkahi dan bagus, tidak tampak pada bentuk maupun anggota tubuh beliau perkara yang diingkari

أن خلقه مبارك حسن؛ لا ترى في خلقه وأعضائه ما تنكره عليه

Ketujuhbelas: karena beliau kulitnya halus mulus tidak terasa kasar

أنه مسيح ناعم أملس؛ لا تحس بخشونة لجلده

Kedelapanbelas: karena kepala beliau seakan-akan air menetas karena berkilauannya rambut beliau

أنه مسيح لصفة رأسه كأنه يقطر الماء من لمعان شعره 

Kesembilanbelas: karena beliau jika melewati sesuatu beliau akan menghilangkan dan membersihkannya oleh sebab itu termasuk penamaan, kain yang kasar disifati dengan al masih.

 أنه مسيح لإزالة ما يمر عليه وينظفه؛ فمن تسميات الخرقة الخشنة وصفها بالمسيح.


Dan semua pendapat diatas satu sama lainnya tidak bertentangan, dan memang sifat-sifat ini terdapat pada nabi Isa 'alaihis salam. Wallahu 'alam.,, Kemudian kita lanjut pada

Ibnul Atsir mengatakan:

سمي الدجال مسيحاً، لأن عينه الواحدة ممسوحة، والمسيح: الذي أحد شقي وجهه ممسوح، لا عين له ولا حاجب

“Dajjal disebut Masih, karena salah satu matanya terhapus. al-Masih: orang yang salah satu sisi wajahnya mamsuh (terhapus), tidak ada matanya dan tidak ada alisnya.” (Jami’ al-Ushul, 4:204)


Ada yang mengatakan disebut al-Masih karena dajjal berkelana dibumi untuk memfitnah manusia

 لمسحه الأرض وقطعه لها ليفتن الناس

Ada yang mengatakan hal tersebut karena dajjal mengaku sebagai Isa al-Masih dan juga mengaku sebagai tuhan.

Wallahu 'alam,,,




Referensi:
Lisanul ‘Arab, 2:593 bisa di download disini
Syarh Sohih Muslim milik imam an-Nawawi (Bab tentang al-Masih bin Maryam dan Masih Dajjal) (1/510) bisa didownload disini
Fathul Bari Syarh Shahih al-Bukhari, Ibnu Hajar AI 'Asqalani, Kitab Hadits-hadits kisah para nabi. (6/544) bisa didownload disini 
Al-Hidayah fi Tartibi Fawaid Al-Bidayah wa An-Nihayah hal 118
http://www.islamweb.net
ejabat.google.com