Dimana Ruh Orang Mati Berada Sebelum Kiamat?


Setelah seseorang dicabut ruhnya dari jasad, maka ruh itu akan menuju ke alam akhirat dan turun kepadanya para malaikat dari langit, dan ia akan di bawa dan diperlakukan sesuai dengan amalannya, demikianlah perjalanan ruh setelah kematian, dan beberapa keadaan ruh setelah kematian sebagaimana berikut:

Keadaan Keadaan Ruh di Alam Barzakh

Al Imam Ibnu Abil Izz At Tohawiy menyebutkan:
disimpulkan dari dalil dalil yang ada bahwa arwah di alam barzakh berbeda beda keadaannya:

diantaranya: ada arwah yang di a'la illiyin (dilangit) ini adalah arwah para nabi dan mereka berbeda beda tempatnya

diantaranya: ada arwah yang didalam burung burung hijau yang dilepas disurga kemanapun ia kehendaki, ini adalah ruh sebagian syuhada bukan seluruhnya, bahkan sebagian syuhada ada yang ruhnya tertahan untuk bisa masuk ke surga karena masih memiliki hutang (yang belum terlunasi ketika didunia), 

Sebagaimana terdapat dalam "Al Musnad" (Imam ahmad) dari Abdullah bin Jahs: bahwasanya datang seorang laki laki kepada Nabi shallahu 'alaihi wa sallam dan berkata: wahai Rasulullah: Apa yang aku dapatkan jika aku terbunuh di jalan Allah? Beliau menjawab: "Surga". Dan ketika orang itu akan pergi Rasul bersabda: "kecuali (dengan sebab) hutang, jibril baru saja membisikiku hal tersebut"
dimana ruh orang mati sebelum kiamat
dan ada ruh yang tertahan dipintu surga sebagaimana dalam hadis yang mana Rasulullah bersabda: "Aku melihat teman kalian tertahan dipintu surga".

diantaranya ada yang tertahan didalam kuburnya
diantaranya ada yang tertahan dalam bumi
diantaranya ada yang berada ditungku api (untuk) para pezina laki laki dan wanita
dan ada ruh di sungai darah berenang didalamnya dan disuapi batu
semua perkara tersebut disebutkan dalam sunnah (hadis). wallahu a'lam

demikian ucapan beliau Rahimahullahu ta'ala

-Lihat Syarah Aqidah At Tohawiyah milik Al Imam Ibnu Abil Izz tahqiq Yasin Al Adany cet. Maktabah Al Imam Alwadi'iy dan Muassasah Ar Royyan hal 551-553